Pasar Malam Panti, Geliat Ekonomi Masyarakat Lokal

INDONESIASATU.CO.ID:

Keberadaan hiburan Pasar Malam (PM) di Terminal Pasar Panti, Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman , dirasakan warga sekitar banyak membawa dampak positif. Apalagi, kegiatan ini meningkatkan geliat perekonomian warga dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Ninik Mamak, Yuhandi Lenggang Porang mengatakan, keberadaan PM tersebut banyak sisi positifnya, terutama bagi peningkatan potensi kearifan lokal ekonomi warga. “Adanya PM ini membuat warga sekitar memunculkan warung-warung dadakan di sekitar PM,” ujar Andi di sela-sela tinjauan langsung ke Terminal Pasar Panti , 29 Desember 2018 malam.

Menurutnya PM memberi efek ke Nagari tetangga di sekitar wilayah Kecamatan Panti . “Unsur hiburan anak-anak juga tersedia dan tidak perlu ke tempat yang jauh,” tuturnya Andi kepada Indonesiasatu.co.id . 

Terpisah, Kepala Jorong Bahagia, Risman Harahap mengatakan kehadiran pasar malam tentunya sangat berguna untuk masyarakat baik secara hiburan maupun peningkatan ekonomi kreatif. Pasalnya di area pasar malam banyak terjadi perputaran uang tiap malamnya kerana transaksi jual beli banyak terjadi.

"Adanya pasar malam ada sisi positifnya pertama bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjadi tempat hiburan juga bagi warga sekitar. Ekonomi kreatifnya kan bisa dilihat banyak yang menjual pakaian, makanan dan lainya," kata Risman.

Sementara Pemuda Panti, Pandi Nasution menambahkan, PM dan hiburan banyak sisi positifnya untuk mengoptimalkan kegiatan masyarakat sekitar, terutama adanya lapangan pekerjaan temporer bagi para remaja. ”Salah satu lapangan pekerjaan tersebut yakni parkir dan kegiatan niaga warga sekitar,” pangkas Pandi.

(Anto)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita